ULTra, angkutan tanpa pengemudi


Bepergian ke tempat kerja tanpa harus membuang waktu lama di terminal atau stasiun kereta saat ini mulai menjadi kenyataan. Seiring dengan inisiatif Uni Eropa untuk membebaskan kota-kota dari kemacetan, di terminal 5 Bandara Heathrow, London ini bisa menjadi alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada mobil, bus dan taksi.
Sistem angkutan umum perkotaan yang diberi nama Urban Light Transport (ULTra) ini bisa dinikmati publik, terutama para calon penumpang pesawat di bandara tersibuk ketiga di dunia ini, pada tahun 2010 ini. Namun, kendaraan berbentuk seperti kapsul itu sudah berlalu lalang di bandara dalam beberapa bulan terakhir.
Seperti dikutip dari http://www.tempointeraktif.com angkutan berjenis personal rapid transit (PRT) atau Podcar ini adalah perwujudan impian para pakar tata kota. Meski sudah ada sistem mirip PRT di Amerika, namun ULTra ini merupakan sistem pertama yang memberikan kendali kepada penumpang untuk menentukan tujuan.
Proyek ULTra ini mulai dilakukan sejak tahun 2005, ketika British Airways Authority, perusahaan yang mengelola Bandara Heathrow, memesan sebuah proyek percobaan dari Advanced Transport Systems (ATS), Bristol, Inggris. Sebagai permulaan, sistem podcar akan melayani penumpang antara tempat parkir kelas bisnis dan terminal 5. Setiap podcar berkapasitas empat penumpang dan bergerak dengan kecepatan 40 kilometer per jam pada trek sepanjang 4,3 kilometer. Untuk sementara, ULTra hanya berhenti di tiga stasiun dengan waktu tempuh cuma tiga menit, nonstop.
“Kendaraan itu akan lebih cepat dan nyaman daripada bus bandar udara, dan hanya menggunakan separuh energi untuk memindahkan penumpang yang sama dalam jumlah waktu yang sama pula,” kata Martin Lowson, pencetus konsep ULTra dan wakil pemimpin ATS.
Dia juga mengklaim bahwa sistem itu hanya menggunakan rata-rata 0,55 megajoule per kilometer penumpang. Itu berarti ULTra adalah sistem dengan energi paling efisien di kelasnya. Rata-rata bus sedikit di atas 1 megajoule per kilometer penumpang.

Perihal zonagaulku
aku masih pelajar di smk 1 karanganyar, tepatnya masih kelas dua hehehehehehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: