tips bagaimana merawat agar batik tulis tetap awe


bagaimana merawat agar batik tulis tetap awet? berikut saran dari Ir. toetti t soerjanto kurator museum batik danar hadi solo.

  • pencucian
    hindari mencuci batik tulis dengan mesin cuci. cucilah dengan tangan secara hati-hati, dan jangan mengucek kain. disarankan untuk mencelup-celupkan kain saja.
    apabila terkena noda seperti noda bekas makanan, jangan dicuci dengan deterjen yang mengandung pemutih. karena deterjen pemutih mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan kain cepat pudar.
  • pengeringan
    jangan mengeringkan kain batik dibawah panas matahari langsung. sebaiknya menjemur batik disore hari, dan cukup diangin-angnkan saja.
  • penyimpanan
    setelah kering hindari menyetrika kain batik tulis. tapi bila kain terlalu kusut. coba menytrika dengan suhu rendah. dan jangan lupa gunakan kain sebagai alas diatas batik.
    sebaiknya simpan batik dengan di gantung atau di gulung, karena bila dilipat dapat meninggalkan bekas lipatan yang akan sulit dihilangkan.
  • pewangian
    ingin kain batik menjadi wangi? jangan menggunakan pewangi kamper atau sejenisnya yang sering kali menyebabkan lunturnya warna kain akibat uap nafta. sebagai gantinya gunakan ratus, akar wangi, merica yang di gantungkan di dekat kain.
  • ratus adalah wewangian yang dibakar, dan dapat menghasilkan uap rempah wangi, dulu nenek moyang menggunakan ratus sebagai pewangi. ratus dapat diperoleh di pas-ar tradisional maupun di toko-toko batik.

Perihal zonagaulku
aku masih pelajar di smk 1 karanganyar, tepatnya masih kelas dua hehehehehehehehe

One Response to tips bagaimana merawat agar batik tulis tetap awe

  1. Ping-balik: Batik Is Handicraft Art Originating From Indonesia | Your Fashion

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: