Trik Membuat Hunian, Tampil Luas dan Lapang


SEBUAH hunian akan tampil luas dan lapang melalui penataan yang tepat. Lalu, bagaimana mendesain hunian Anda agar tampil maksimal?

Saat ini kita semakin sulit untuk menemukan dan membuat rumah-rumah yang besar karena adanya keterbatasan lahan dan biaya, kecuali untuk beberapa kalangan tertentu.

Untuk itu, perlu disiasati bagaimana memanfaatkan dan mempertahankan rumah atau ruangan yang sudah ada. Namun, tetap diupayakan agar dapat terlihat luas dan lapang. Kiat-kiat ini memang lebih ditujukan untuk para penghuni yang memiliki lahan terbatas dan rumah yang kecil. Karena itu perlu disiasati agar pemilik rumah dapat merasakan keleluasaan dan kelapangan di satu sisi dan tidak merasakan sempit dan pengapnya rumah tersebut.

“Semakin banyak cahaya yang mengalir melalui sebuah ruang, akan membuat ruang tersebut terlihat lebih besar. Untuk itu, penting mempertimbangkan memasang beberapa skylight. Terutama untuk area kamar mandi dan dapur. Karena skylight memiliki kekuatan untuk menghadirkan dimensi yang luas dan terang pada sebuah ruang,” papar arsitek dan kontraktor dari Mitra Graha Asri Mandiri Ir Wisnu Brata.

Sementara untuk penataan interior, membuat prioritas furnitur yang akan diletakkan akan membantu tampilan ruang terasa luas. Terlalu banyak furnitur yang diletakkan pada suatu ruang akan membuat ruangan tersebut terlihat penuh, mengganggu atau mengacaukan pencahayaan yang baik dan mengganggu sirkulasi lalu lintas orang.

Selain itu, cermin merupakan senjata paling mutakhir untuk memperluas ruang. Bukan hanya melalui ilusi yang diciptakan, juga cermin dapat membantu menghasilkan cahaya yang lebih terang. Sebelum ada listrik, cermin dan kaca banyak diletakkan di belakang lampu untuk lebih membantu menerangi ruangan. Foyer dan ruang makan adalah tempat favorit untuk meletakkan cermin.

“Bentuk sempit dan melebar dari sebuah foyer akan tampil lebih luas melalui penataan cermin besar yang diletakkan di belakang kredenza atau meja konsul. Cermin yang dibingkai vertikal selain menciptakan kesan luas, juga membuat ruang terasa lebih tinggi. Sementara untuk pemilihan furniturnya, sebaiknya dipilih dengan bentuk berbeda sehingga menciptakan tatanan ruang yang dinamis,” ungkap interior desainer Husni Saleh, pemilik Aesthetics Home yang bergerak di bidang home furnishing.

rumahjogya

Perihal cassega
try to understanding problem in my life.... and can finish it..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: