6 Jenis Makanan Perangsang Good Mood


Sedang merasa BAD-MOOD hari ini? Ada baiknya kawan2 RC mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayur karena selain sarat vitamin ternyata buah-buahan dan sayuran mampu mengembalikan mood menjadi lebih baik.
Cekidot infonya!!

Ada baiknya mulai sekarang Anda lebih memperhatikan makanan dan minuman yang sering Anda konsumsi, karena menurut para ahli makanan yang kita makan akan menentukan perasaan, apakah baik atau akan menjadi buruk dalam waktu yang cepat atau waktu relatif lama.

Diane M. Becker MPH, ScD, Director of The Center for Health Promotion di Johns Hopkins School of Medicine mengatakan,”Jika mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, kaya serat dan rendah lemak jenuh, ini sangat baik untuk merangsang mood jadi lebih baik”.

Dan menurutnya, kadar lemak yang tinggi dalam makanan dapat membuat badan akan merasa tidak nyaman, bahkan memiliki kualitas tidur yang parah dan selalu mengantuk sesudahnya.

berikut ini terdapat enam jenis makanan dan minuman yang dapat membantu membuat mood agan2 selalu dalam kondisi baik.

1. Makanan dengan kandungan Vitamin B12 dan asam folat yang tinggi

Tahukah Anda mengapa stew daging (chili con carne) selalu didampingi dengan kacang merah? Atau Ikan salmon yang di Grill selalu didampingi dengan setup sayuran seperti brokoli?
“Makanan tadi satunya kaya akan folat sedangkan pendampingnya kaya akan vitamin B12. Kedua vitamin ini mampu mencegah penurunan fungsi sistem saraf, menstabilkan kondisi mood, dan mencegag dementia,” jelas Edward Reynolds, MD dari Institute of Epileptology, King’s College, London. Asam folat biasa terdapat pada kacang-kacangan dan sayuran hijau, sedangkan B12 banyak ditemukan dalam daging, ikan, dan unggas.

2. Buah-Buahan dan Sayuran

Buah dan sayur merupakan sumber nutrisi dan mengandung antioksidan, yang sangat baik untuk kesehatan dan juga memperbaiki kualitas kesehatan tubuh Anda. Sebuah studi mengatakan, mengkonsumsi dua atau lebih buah dan sayur dalam sehari akan memberikan kualitas kesehatan 11% yang akan berpengaruh pada kualitas hidup Anda.

4. IKAN

Beberapa studi menemukan bahwa laki-laki dan perempuan memiliki sedikit kemungkinan mengalami gejala depresi jika mengkonsumsi banyak ikan. Secara tidak langsung asam lemak dalam ikan khususnya salmon yang mengandung asam lemak omega 3.Selain salmon, juga terdapat dalam ikan herng, tuna dan juga sarden.

5. Minum Vitamin D Setiap Hari

Berada di bawah sinar matahari membuat Anda lebih baik? Sinar matahari menstimulus tubuh kita untuk mengambil dan memproses vitamin D. Kurang vitamin D dalam tubuh ternyata mengakibatkan beberapa masalah muncul seperti halnya, Pra Menstruasi Sindrome atau (PMS), semua gangguan emosi dan ingatan.

Vitamin D bisa dipenuhi dengan mengkonsumsi ikan, seperti salmon, tuna, dan mackarel. Selain itu bisa juga dengan hati sapi, kaju, dan kuning telur.Tapi sumber utama selain dari sumber hewani bisa ditemukan pada cereal, roti, jus, dan juga susu.

6. COKELAT

Sedikit dark cokelat bisa meningkatkan hormon endorphin, hormon yang membuat perasan senang, seperti sedang jatuh cinta.Tidak hanya itu saja, dark cokelat juga dapat membantu kesehatan jantung Anda agar tidak terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: